Tuesday, September 20, 2005

Lobster oh Lobster


Hari ini saya pergi ke rumah temanku. Ternyata dia memelihara dan melakukan pembibitan udang lobster seperti yang terlihat pada foto-foto berikut. Dalam peternakan lobster ini ada dua hal yang dilakukan, yaitu yang pertama pembibitan dan kemudian perbesaran. Setelah udang diternakkan sampai sepanjang sekitar 5cm, kemudian sebagian dijual ke penampungnya seharga 5000 rupiah untuk yang 5 cm tersebut, dan sebagian lagi dibiarkan sampai besar dan bertelur lagi. Kemudian setelah itu udang lobster yang telah bertelur membesar terus, namun dia akan kehilangan fungsi reproduksinya. Setelah cukup besar hingga sepanjang 20-25 cm, maka udang tersebut siap dijual dan dikonsumsi.



Ketika pembibitan, kita harus rajin mengamati para lobster ketika memberi makan. Apabila dia suka bersembunyi dan suka gelisah, berarti kemungkinan besar dia sedang ganti kulit. Kalau dia senang bersembunyi dan kelihatan telur-telurnya, maka berarti dia sedang hamil dan siap untuk bertelur. Untuk kedua kasus ini, udang lobster dalam keadaan lemah dan dia sebaiknya dipisahkan ke aquarium lain. Oleh sebab itu kita harus menyediakan beberapa aquarium (kalau teman saya menyediakan 6 buah. Harganya sekitar 400 ribu. Apabila memakai rangka besi musti nambah 400 ribu rupiah lagi. Hal ini penting karena kalau tidak udang lobster yang kuat akan memangsa lobster yang sedang mengandung atau yang ganti kulit.



Karena pembibitan lumayan repot, maka biasanya peternak hanya mengurus pembesaran dan pemasarannya saja, sedangkan untuk pembibitan, dia menawarkan kerjasama kepada para peternak amatir sebagai penyedia bibit, pemandu dan pembeli sekaligus.

Satu hal yang hebat dari Lobster ini adalah kemampuan pemulihan dirinya. Suatu saat lobster temanku yang sedang ganti kulit bertarung dengan lobster lainnya, sehingga dia kehilangan capitnya. Ternyata beberapa lama setelah dipisahkan, capitnya bisa tumbuh lagi!! Kalau manusia bisa seperti ini maka tentu orang yang cacat di dunia hanya ada sedikit.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home