Tuesday, May 23, 2006

Treking dan RSS Reader



Akhirnya setelah tv tunerku terpasang di komputer, akhirnya daku bisa juga menonton tv di kostan. Sayangnya karena usbnya bermasalah, tampilan yang munculnya ternyata memiliki resolusi rendah sehingga gambarnya kotak2. Tapi lumayan daripada nggak ada. Kebetulan pas setelah saya selesai menginstall, beberapa waktu kemudian RCTI menayangkan acara barunya yang berjudul TREKING, yang presenternya Ferissa Djohan yang bertemu denganku ketika ultah FUPEI (lihat postingan sebelumnya). Kebetulan saya udah janji dengan dia untuk menonton acara ini, jadi selamat deh!!

Acara Treking ini sepertinya adalah acara penjelajahan alam. Presenternya bersama para penjelajah menjelajahi alam dengan berbagai cara. Pertama-tama dengan motor. Para petualang menyusuri jalanan yang berbatu-batu, dan batunya juga besar-besar. Bener2 harus sabar dan memiliki stamina yang bagus untuk melakukannya. Saya juga kepingin banget ikutan. Motornya kayaknya bukan SE yang sering dipakai motocross itu, tapi motor biasa (mirip honda win100)yang dimodifikasi. Sorry ya kalo salah, soalnya gambarnya kotak-kotak jadi model motornya gak terlalu kelihatan. Dan ternyata temanku jatuh disini!! Jatuh batu-batu, tapi katanya yang sakit hanya bagian lengan dan bahu, jadi mungkin gak begitu masalah. Kemudian setelah menjelajah kebun teh, mereka menyusuri sungai dengan tingkat kesulitan 3 dengan kano (?). Banyak batu-batunya, wah pokoknya ngeri deh. Bahkan perahu temanku juga terbalik disini. Namun Rissa baik-baik saja setelah ditolong. Selanjutnya, para petualang terbang dari perbukitan dengan parasut. Rame banget. Serem memang, tapi setidaknya tidak menguras stamina seperti dua petualangan sebelumnya.

Kadang-kadang kalo melihat keasyikan seperti itu, semangat perang dalam diriku sering muncul. Tapi kalo udah di dunia kerja seperti ini, kesempatan untuk menguji dan membuktikan kemampuan fisik menjadi berkurang. Coba saya beberapa tahun lebih muda nih (dan punya duit tentu saja) saya bakal bertualang, gak kalah sama Ferissa hehehe...

Anak2 fupei ada yg punya ide untuk rafting... hmm... ikutan nggak ya?

***** RSS Reader *****

Biasanya yang membuat enggan blogwalking adalah, kita tidak tahu blog tersebut sudah diupdate apa tidak. Lebih-lebih kalau blogwalking di warnet. Setelah masuk ke blog orang, ternyata isinya sama saja dengan kemarin. Padahal kita suka membaca postingannya. Memang beberapa blog teman ada yang menggunakan tool tertentu, sehingga kita bisa tahu ada posting yang baru apa tidak. Caranya adalah kita harus memasukkan alamat email kita dan register lewat tool tersebut. Apabila teman kita tersebut memasukkan postingan baru, akan ada email pemberitahuan yang dikirimkan ke mailbox kita. Namun cara ini kurang bagus karena hanya sedikit blog yang menggunakan fitur ini.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menemukan caranya, yaitu dengan menggunakan RSS feed. Nggak usah terlalu dipusingin RSS feed itu apa, pokoknya yang terpenting adalah bagaimana memanfaatkannya. Menurut definisi saya sendiri, RSS feed itu adalah suatu alamat dimana terdapat data disitu. Umpamanya kita punya blog http://rafid-ok.blogspot.com , kita punya alamat rss feed http://rafid-ok.blogspot.com/atom.xml . Kalau kita mempastekan alamat tadi di browser, maka kita akan melihat isi dari blog rafid-ok , namun postingannya aja, tanpa desain. Blog yang memakai blogdrive juga memiliki alamat rss feed yang sama, alamat blognya ditambah /atom.xml di belakangnya. Kalau blog yang memakai wordpress ada alamatnya yang lain lagi (bisa dilihat dengan meng-hover tomobol yang bertuliskan rss di sidebarnya).

Nah, begitu kita sudah tahu alamat rss feednya, kita membutuhkan software rss reader. Gunanya software rss reader adalah untuk meneliti apakah suatu blog sudah diupdate apa tidak. Apabila sudah diupdate, maka rss reader akan mendownload postingan baru tersebut. Kemudian kita bisa membaca isi postingan langsung dari rss reader di komputer kita, tanpa harus mengunjungi blognya (yang seringkali membutuhkan waktu lama untuk memasukinya). Kalau kita mau membaca postingan yang lama2 dari blog teman kita tersebut juga tak ada masalah, karena data postingan blog teman kita kan ada di hard disk kita.

Jadi tiap kita menyalakan komputer atau mengupdate, rss reader akan jalan-jalan ke blog2 teman2 kita, untuk meneliti ada penambahan data baru apa tidak. Kita tinggal duduk manis, dan kalau ada postingan baru, kita bisa langsung membacanya. Tapi kalau mau ngasih komentar, ya, mau tidak mau kta tetap harus mengunjungi blog teman kita tersebut ^_^ !

Untuk mendapatkan rss reader, tinggal search aja di google 'free rss reader download' atau dengan kata kunci lainnya. Menggunakan Mozilla Thunderbird sebagai rss reader juga bisa. Selamat mencoba :)

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

rafting? ikuuuuuuuuuuuuuuuuutttttttttttttttttttttttttttttttt

11:20 AM  
Anonymous Anonymous said...

ikut.....
(http://rior06.student.ipb.ac.id)

6:18 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home