Wednesday, August 23, 2006

Membuat Bolu Pertama Kalinya


Rice cooker Cosmos yang kumiliki memiliki kemampuan / menu untuk membuat kue bolu. Saya selalu penasaran bagaimana membuatnya. Kebetulan karena telur ayam di kostan masih tersisa 6 butir, dan ada sedikit susu, gula serta mentega yang cukup, saya pun mencoba membuat bolu ini.

Agar dapat membuat bolu, bahan-bahan yang kurang tentu musti dibeli. Saya pun membeli terigu dan soda kue. Sebenarnya di buku instruksinya musti pake baking soda untuk kue, namun karena tidak menemukannya di toko, yang dipakai soda kue aja. Sebenarnya sama nggak ya?

Pertama-tama daku memecahkan 6 butir telur serta gula yang jumlahnya sudah diukur, ke dalam wadah pengocok telur. Dengan mixer bluesky murah, saya pun mulai mengocoknya. Saya memakai tangkai ulir / beater. Bener nggak ya? Katanya sih kita musti terus mengulek2 adonan sampe ngembang, namun saya nggak tahu yang dimaksud ngembang itu kayak gimana.

Setelah itu tepung terigu pun dimasukkan dengan cara disaring. Saya nggak punya saringan kue, jadi pake saringan jus aja. Beda sih, tapi bubuk tepungnya bisa jatuh dengan merata. Saya masukkan sebagian, terus kuaduk2 pake sendok kayu. Saya begituin terus. Soda kue dimasukkan dan diaduk juga. Sementara itu kulapisi rice cooker dengan mentega dan tepung, agar kue nggak lengket setelah dimasak. Saya juga memanaskan dan mengencerkan mentega palmbom yang murah namun lezat ini. Setelah encer, mentega cair ditumpahkan dan susu bubuk dihamburkan ke dalam adonan. Setelah itu adonan diaduk lagi, sepertinya dengan mixer. Katanya buku, jangan terlalu banyak ngaduknya karena bisa membuat kue malah tidak mengembang.

Akhirnya kumasukkan ke rice cooker dan saya set mode cake, lalu tombol start ditekan. Sembari menunggu, daku pun mencuci peralatan2 yang telah digunakan serta merapikannya. Setelah selesai, dan rice cookernya dibuka, jadinya menjadi seperti gambar di atas:

Kemudian setelah saya tumplekkan ke piring yang sebenarnya kekecilan, jadinya seperti ini :



Ternyata walaupun mungkin gak terlalu ngembang, dan adonannya tidak terdistribusi merata, namun rasanya enak juga.

Ayo dong teman-teman yang mahir dalam dunia per-bolu-an, kasih saran dong gimana supaya bolunya ngembang, dan apa saja hal yang harus diperhatikan untuk membuat bolu dengan baik dan benar.

Makasih yach :)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home