Wednesday, February 07, 2007

Mulai Bertelur


Mencoba menernakkan lobster air tawar memang ada suka dan dukanya. Dukanya, adalah kalau ada lobster yang mati. Lebih-lebih kalo yang mati itu indukan, habis moulting lagi. Lebih sedih lagi kalo andaikata ada yang moulting, trus capitnya kesangkut (mungkin karena ketika
moulting diganggu sama temannya) sehingga capit besarnya tinggal sebelah. Habis itu mati lagi. Hal ini terjadi pada lobsterku, udah 2 yang mati. Ini gara2 saya terlalu banyak memberinya pakan cacing. Karena kebanyakan, sepertinya kondisi airnya menjadi kurang sehat lagi. Saya nggak akan ngasih makan cacing lagi deh, mending ngasih tauge dan pelet aja.

Kemarin teman saya datang untuk melihat akuarium. Tiba-tiba dia bilang bahwa ada lobster yang sudah bertelur. Lobster itu terus mengapitkan ekornya, seolah2 menjaga betul sesuatu yang menempel di belakang bawah badannya. Akhirnya berdasarkan saran teman saya, lobster itu saya pindah ke akuarium bawah. Ketika dia membuka ekornya, kelihatan ada seperti serabut abu-abu di bawah belakang badannya. Tadi pagi, saya melihat serabut itu berubah menjadi kuning. Menurut buku, nanti telor2 kuning itu akan bermata, setelah itu akan muncul anggota2 tubuhnya. Kemudian burayak pun rontok dan bisa mencari makan sendiri.

Oh, cepatlah berpijah dan beri aku uang :)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home